Expecto Patronas di Kehidupan Kita

 
 
Kisah Harry Potter mungkin sudah tidak asing lagi bagi khalayak ramai di dunia ini. Bagi para penggemarnya, scene yang paling diminati salah satunya adalah ketika sang jagoan melawan kejahatan dengan "spells / mantra" nya.
 
Salah satu dari spells tersebut adalah "Patronus Charm". Kita bisa melihat dalam salah satu episodenya ketika sang Harry Potter melawan Dementor. Mantra yang diucapkan adalah "Expecto Patronus".

Mantra ini merupakan sebuah mantra pelindung dari serangan mahluk penyedot jiwa / kebahagiaan yang sering disebut dengan Dementor. Apabila si mahluk Dementor ini muncul, pasti akan menghisap seluruh kebahagiaan yang kita miliki. Hasil dari penyedotan kebahagiaan ini akan berakibat sangat fatal yaitu kematian.


Tentu saja adegan ini merupakan hasil karya fiksi, namun dalam kehidupan sehari-hari manusia, kenyataannya adalah apabila seorang manusia tidak memiliki kebahagiaan, maka alam fikirannya akan jauh dari kegembiraan dan kebahagiaan sehingga hidup terasa seperti di alam kematian.

Dalam alam nyata kehidupan sehari-hari, tentu saja kita manusia mengalami pasang surut kehidupan. Kadangkala kita mengalami kebahagiaan, kadangkala kta mengalami penderitaan. Namun seringkali kita tidak kuat dalam menghadapi itu semua sehingga perasaan & kondisi mental kita menjadi down. Apabila seorang manusia mengalami penurunan mental psikologis (bukan gila) maka biasanya penampakan fisik yang terlihat oleh dunia luar adalah murung, bermuram durja, raut muka yang ditekuk, cemberut dan sebagainya.


Tentu saja hal ini akan menyulitkan kita semua apabila kita ingin berprestasi dan memulai hari dengan kebahagiaan & kegembiraan untuk meraih prestasi puncak. Suasana hati akan tidak menentu dan akibatnya adalah pekerjaan kita menjadi tertunda karena melamun, dimarahi oleh atasan karena belum mengerjakan tugas, klien yang membatalkan projeknya karena lobby & negosiasi yang tdak sempurna karena raut muka dan aura wajah kita yang kurang bersahabat dan banyak hal lagi yang bisa menyebabkan kondisi prestasi kita menjadi minimum.

Harry Potter mempelajari Patronus Charm dari Professor Lupin, guru Defence Dark Art (Ilmu Pertahanan Melawan Kejahatan), dimana mantra ini akan berhasil apabila dalam mengucapkannya kita mengingat sebuah memori yang paling menyenangkan, membahagiakan kita. Memori ini haruslah kuat agar bisa mengusir para mahluk kegelapan atau Dementor.


Sama halnya dengan itu, seringkali dalam perjalanan hidup manusia, kita mengalami situasi yang membahagiakan, menyenangkan dan tidak jarang situasi yang menyedihkan dan memprihatinkan sehingga derai air mata dan muram durja senantiasa menyelimuti diri kita dan menganggap kita adalah orang yang paling tidak beruntung di dunia ini. Untuk itulah kita perlu melakukan "Patronus Charm" di dalam kehidupan sehari-hari kita seperti halnya Harry Potter.

Ketika kita dalam kesulitan, ketidakberdayaan, semangat yang rendah karena banyak hal seperti dimarahi atasan, bermasalah dengan anak, istri, suami, tetangga, rekan kerja, penghasilan yang tidak memadai, maka gambaran yang ada di dalam diri kita adalah manusia yang paling celaka dan menyedihkan di dunia ini. Disinilah para Dementor akan timbul dengan menghisap semua kebahagiaan kita sehingga kita menjadi putus asa dan patah semangat.

Oleh karena itu kita perlu mengeluarkan memori kebahagiaan kita untuk memusnahkan para Dementor di sekeliling kita. Segera keluarkanlah memori yang paling menggembirakan dan membahagiakan anda untuk melawan semua yang membuat anda tidak berdaya tersebut (Dementor). Hal yang paling mudah adalah ketika kita dimarahi atasan karena ketidakmampuan kita dalam memenuhi target dan kita menjadi patah semangat, maka bayangkan hal-hal yang membahagiakan anda seperti anak-anak kita (jika sudah berkeluarga), pacar anda, atau bayangkanlah jika anda menjadi atasan anda itu sendiri. Tentu saja anda harus membayangkan hal tersebut dengan jelas seperti melihat sebuah film di otak kita. Film tersebut diusahakan berwarna sehingga menambah aura kebahagiaan kita. Dengan mengingat buah-hati kita, tentu kita akan menjadi bersemangat dalam menjalani kehidupan ini dan tentunya akan mempengaruhi kita dalam bekerja untuk memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh atasan kita.


Hal senada yang dapat kita lakukan setiap hari adalah ketika pada saat memulai hari (bangun pagi) maka gunakanlah mantra "Patronus Charm" untuk memulai hari dengan baik bahkan dengan cara yang luar biasa. Tentunya bukan dengan mengucapkan "Expecto Patronus" seperti Harry Potter, namun dengan mengucapkan Terima kasih Tuhan, Engkau sudah memberikan aku hidup hingga hari ini, memberikanku istri/suami yang setia menemaniku hingga kini, memberikanku putra & putri yang mungil & lucu untuk menghiburku dan memberikanku tempat berlindung yang nyaman, dsb.
Bagaimana jika kita memulai bekerja di kantor ? Maka sebelum memulai bekerja, ambilah istirahat di ruang kerja kita, rileks sejenak sekitar 5-10 menit sambil membayangkan semua kebahagiaan yang kita miliki bahkan semua angan-angan yang kita inginkan seperti menjadi Direktur di perusahaan ini atau memiliki perusahaan sendiri. Hal ini akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani pekerjaan di kantor kita. Tentu saja semua aura negatif akan hilang dengan "Patronus Charm ala kita sendiri".

Semoga semakin mencerahkan untuk kita semua.
Salam Sukses Dahsyat Luar Biasa untuk Kita Semua.

Widhi Setyo Kusumo

HR Consultant & Practitioner

Add comment


Security code
Refresh

Additional information