Paus Pembunuh melakukan Team Work, Bagaimana dengan Anda ?

 

 

Di dalam dunia air (khususnya lautan) terdapat dua jenis predator yang paling hebat (ultimate predator). Mereka adalah Paus Pembunuh / Orca / Killer Whale dan Hiu Putih / The Great White Shark. Keduanya merupakan predator yang paling ditakuti karena merupakan puncak daripada rantai makanan. Orca yang panjangnya +/- 9 meter ini hidup bersosialisasi dan minimal ada 5 Paus Pembunuh dalam sebuah kelompok. Sedangkan Hiu Putih yang ukurannya hanya +/- 3 meter ini bersifat penyendiri dan tidak bersosialisasi.

Meskipun keduanya merupakan "PREMANNYA LAUTAN" yang disegani dan ditakuti, namun masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Pada umumnya kita lebih takut mendengar kalimat The Great White Shark jika dibandingkan dengan Orca. Karena Hiu Putih cenderung ganas dan tidak pandang bulu dalam mencari makanan bahkan manusiapun seringkali diterornya. Dibandingkan dengan Hiu Putih ini, Orca meskipun ganas, namun lebih jinak dengan manusia. Manusia bukan merupakan menu hariannya.
 
 
Dalam hal persenjataan, Hiu Putih secara umum memiliki keunggulan lebih dari Paus Pembunuh karena memiliki gigi yang lebih tajam dan lebih banyak. Namun dalam hal ketahanan fisik dan strategi, Paus Pembunuh memiliki kemampuan yang lebih karena mereka berkelompok dan mampu menciptakan strategi penyerangan. Oleh karena itu tidaklah heran apabila Orca ini dapat membunuh Paus Sperma / Sperm Whale yang ukurannya bisa mencapai 60 meter (6-7x ukuran Orca).

Bahkan dalam sebuah kejadian dalam National Geographic menceritakan bahwa Orca membunuh & memakan Hiu Putih meskipun sebenarnya Hiu Putih bukanlah merupakan hidangan reguler dari Orca. Inilah yang menyebabkan The Great White Shark tidaklah menjadi "Great" ketika berhadapan dengan para Orca ini bahkan pada umumnya Hiu Putih akan menghindari perjumpaan dengan Orca.
 
 
Hal ini tidaklah mungkin terjadi apabila Orca berburu hanya seorang diri. Mereka membutuhkan rekan-rekannya untuk mencapai keberhasilan dalam perburuan mereka. Hal yang sama juga kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Kadang kala kita seperti The Great White Shark yang mana merasa sudah sangat qualified bahkan over qualified menurut anggapan kita sehingga kita cenderung mengabaikan rekan kerja atau saran dari team lainnya. Kita sering melupakan Team Work untuk mencapai tujuan & goal organisasi sehingga kadangkala kegagalan menghampiri kita dalam pencapaian target. Berkaca dari Orca yang secara ukuran sudah jauh lebih besar daripada Hiu Putih, maka sudahlah sepantasnya kita tidak bisa bekerja sendiri atau mengabaikan yang lain meskipun secara kompetensi kita sudah over qualified. Karena target organisasi harus kita capai dengan cara bersama-sama. Together We Can.

Orca yang sangat besar saja mau kerjasama, masakan kita yang kecil ini tidak mau / merasa lebih ?
Jadi sudah saatnya kita merubah diri kita dari posisi dari The Great White Shark menjadi Orca.

Salam
Widhi Setyo Kusumo

Add comment


Security code
Refresh

Additional information