Quality Management for General Affairs

Sistem Manajemen Mutu untuk General Affairs
 

Dewasa ini seringkali didengang-dengungkan Manajemen Mutu untuk perusahaan yang kita kenal dengan ISO System. Namun kita tidak membahas hal itu, disini kita akan membahas mengenai Manajemen Mutu untuk General Affair. Pada umumnya kita menganggap Manajemen Mutu diperlukan untuk bagian Produksi di Manufacturing atau Jasa di bidang Services / Pelayanan.

Namun tidaklah demikian arti harfiahnya, melainkan bagi General Affair, Manajemen Mutu diperlukan untuk perbaikan & peningkatan implementasi kinerja kita terhadap jasa yang kita berikan kepada departemen terkait. Karena sifat dari GA itu adalah Supporting Unit, maka jasa & service kita sangatlah berperan dalam peningkatan kinerja departemen selanjutnya sehingga pada ujungnya adalah keuntungan perusahaan.
 

Dengan adanya perbaikan & peningkatan mutu dari jasa GA, maka Marketing, Sales, HR, Finance, Produksi dan departemen yang terkait akan bisa berperan lebih baik sehingga target profit akan dapat dicapai dengan mudah.

Manajemen Mutu mengharuskan kita agar bisa memuaskan para pelanggan / customer kita akan barang & jasa yang kita berikan itu sesuai dengan keinginan (tidak kurang dan tidak lebih). Jika kurang akan mengakibatkan komplain dan jika lebih akan menimbulkan adanya pekerjaan yang sia-sia / terbuang karena kita memberikan service yang terlalu besar dari yang diperuntukkannya padahal kita masih bisa melakukan untuk hal-hal yang lain.

Hal-hal sederhana dalam Manajemen Mutu di GA adalah ketika kita dihadapi oleh permintaan dari Marketing bahwa mereka sedang mengadakan Promosi Produk yang misalnya bernilai ratusan hingga miliaran. Selain itu kita dihadapi oleh permintaan transportasi oleh salah satu Direktur (expat) yang ingin bepergian dan permintaan dari Maintenance Manager untuk presentasi ke klien mereka serta permintaan dari karyawan untuk mengantar ke salah satu lokasi untuk pelatihan. Siapa yang harus didahulukan yang pertama kali ?

Tentunya para praktisi GA yang expert dan mengerti tentang Management Mutu tidak akan mengecewakan perusahaan dalam meraih laba perusahaan bukan ?

Kita harus bisa memilih dengan urutan skala prioritas yang mengutamakan kepentingan untuk keuntungan perusahaan.


Sistem manajemen mutu akan memberikan kemampuan kepada kita dalam melakukan kontrol, menciptakan iklim yang kondusif dalam bekerja di departemen kita. Dengan adanya sistem mutu diharapkan para praktisi GA akan lebih terbantu dalam mencapai, mempertahankan, dan meningkatkan mutu produk atau layanan yang Anda sediakan secara efektif & efisien sehingga akan sangat membantu Anda untuk dapat bertindak dengan lebih baik dibanding sebelumnya.


Widhi Setyo Kusumo
HR Consultant & Practitioner

Add comment


Security code
Refresh

Additional information